Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan


Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan - Tubuh yang terlalu gemuk dapat menjadi masalah bagi banyak orang. Penyebab kegemukan tersebut dapat terjadi akibat timbunan lemak dalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi gemuk dan berat badan tidak ideal. Untuk menurunkan berat badan, menjalani diet solusinya. Menjalani diet melibatkan kebiasaan makan dan gaya hidup sehat. Dengan menjalani diet, tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup.

Tips diet untuk menurunkan berat badan :


1. Tingkatkan frekuensi makan
Menjalani program diet sehat bukan berarti harus menahan lapar. Meningkatkan frekuensi makan bukan berarti makan lebih dari tiga kali sehari dengan porsi yang sama. Makan 5 kali sehari tapi dalam porsi kecil dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Makan dalam kondisi lapar dapat mengakibatkan porsi makanan yang dimakan berlebih. Dengan makan 5 kali sehari tapi dalam porsi kecil dapat menghindarkan perut dari rasa lapar berlebih.

2. Kurangi porsi makan
Tips diet selanjutnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi porsi makan. Mengurangi porsi makan tidak harus mengurangi setengah porsi dari biasanya, tapi bisa secara sedikit-sedikit porsi makan dikurangi. Mengurangi porsi makan juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang efektif.

3. Memperbanyak memakan sayur-sayuran dan buah-buahan
Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk diet menurunkan berat badan. Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang dapat memperlancar buang air besar. Dengan banyaknya kandungan zat gizi yang ada pada sayur-sayuran dan buah-buahan, mengonsumsi keduanya merupakan kegiatan yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Minum air sebelum makan
Minum air sebelum makan dapat mengurangi porsi makan. Hal ini karena perut sudah terisi oleh air sebelum makan. Minum air bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

5. Mengurangi mengonsumsi goreng-gorengan
Makanan yang diolah dengan cara digoreng bila dimakan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minyak panas yang digunakan untuk menggoreng dapat meningkatkan kandungan lemak. Untuk itu, mengurangi konsumsi goreng-gorengan dapat membantu program diet. Makanan yang diolah dengan cara selain digoreng, misalnya dipanggang, direbus, dikukus atau dipepes dapat dijadikan pilihan.

5. Mengonsumsi nasi merah
Jika dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat yang lebih kompleks. Mengonsumsi nasi merah dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama bila dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih. Dengan waktu pencernaan yang lama, kalori yang ada di dalam tubuh dapat berkurang karena tubuh lebih banyak menggunakan energi.

6. Menghindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji memiliki banyak kandungan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Makanan cepat saji terutama junk food merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Ituah tips diet untuk menurunkan berat badan. Itu baru dari kebiasaan makan. Gaya hidup sehat seperti tidur yang cukup dan olahraga adalah hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan.

{ 1 komentar... read them below or add one }

pelangsing herbal slim mengatakan...

bagus banget informasinya gan, terima kasih banyak

Poskan Komentar