Menu diet rendah kalori untuk diet sehat


Menu diet rendah kalori merupakan menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Cara diet seperti ini memperhatikan jumlah kalori yang masuk tetapi tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang diperlukan dalam diet sehat berupa karbohidrat, vitamin, lemak dan protein. Dengan mengurangi asupan kalori dapat meningkatkan keberhasilan dalam menurunkan berat badan.

Tidak semua orang membutuhkan kalori dalam jumlah yang sama. Kebutuhan kalori pada seseorang dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan dan aktivitas. Kebutuhan kalori juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kehamilan pada wanita yang sedang hamil. Bila tubuh mendapatkan asupan kalori melebihi yang dibutuhkan, maka kalori yang berlebih tersebut dapat dikonversi menjadi lemak yang dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Sebaliknya, mengurangi 250 - 500 kalori per hari dari jumlah kalori yang dibutuhkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Memilih menu diet dengan dimulai dengan memilih makanan rendah kalori. Misalnya, makan nasi hanya satu kepal saja. Makanan cepat saji, goreng-gorengan dan makanan yang manis-manis tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mejalani program penurunan berat badan.

Menu diet antara makan pagi, makan siang dan makan malam harus dibedakan. Pilih makanan rendah kalori dan mengandung serat tinggi pada makan pagi. Pada siang hari, pilih makanan yang mengandung banyak gizi dan kalori untuk mendukung aktivitas harian. Sedangkan, pada malam hari sebaiknya memilih makanan rendah kalori sebagai menu diet. Sebagai tambahan, konsumsi buah-buahan yang tidak menghasilkan banyak kalori.

Sumber karbohidrat untuk keperluan diet sebaiknya dipilih dari makanan yang mengandung serat tinggi, seperti beras merah, oatmeal dan roti gandum. Untuk memenuhi kebutuhan protein, bisa dipilih dari makanan yang mengandung protein tinggi tetapi rendah lemak, misalnya dada ayam. Untuk protein nabati bisa memilih tempe, tahu dan jenis kacang-kacangan. Lemak yang bersumber dari minyak goreng dan mentega harus dihindari atau setidaknya dikurangi penggunaannya. Sebagai penyeimbang gizi, susu tanpa lemak bisa dijadikan pilihan.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bisa didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan yang mengandung kalori tinggi seperti pisang, jambu dan mangga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang menjalankan program diet. Untuk kebutuhan mineral bisa dicukupi dengan meminum air putih 8 gelas dalam sehari.

Melakukan program diet dengan memilih menu diet rendah kalori bisa berhasil bila dengan diirngi dengan asupan gizi yang baik. Juga yang tak kalah penting adalah melakukan olahraga.

{ 4 komentar... read them below or add one }

Menurunkan Berat Badan mengatakan...

Sebelum menurunkan berat badan, hitung berat badan yuk, sudah idealkah berat badan kamu?GEMUK atau KURUS? Cek disini

dimaz mengatakan...

Terima kasih, tulisan anda sangat menarik untuk dibaca.
saya juga memiliki referensi mengenai kalori
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1146/1/50407236.pdf

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Rizka Muslimaturrohmah mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai kalori silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1146/1/50407236.pdf

Poskan Komentar