5 Makanan penyebab kegemukan yang harus dihindari


Menghindari makanan penyebab kegemukan adalah hal yang harus dilakukan bagi orang yang ingin mengatasi masalah kegemukan atau hanya sekedar menjaga berat badan agar tetap ideal. Makanan yang secara negatif dapat mempengaruhi gula darah harus dihindari dalam rangka menjaga agar berat badan tetap ideal. Makanan yang manis tetapi sedikit serat harus dihindari, karena memiliki kandungan gula yang tinggi tetapi kurang berserat, sehingga cepat menimbulkan rasa lapar.

Berikut 5 makanan penyebab kegemukan yang harus dihindari bagi yang sedang melakukan program diet atau hanya sekedar menjaga berat badan agar tetap ideal. Daftar makanan berikut adalah makanan yang secara mudah dapat menimbun cadangan lemak dalam tubuh.

1. Ayam goreng
Ayam goreng merupakan makanan yang menjadi kesukaan banyak orang. Ayam goreng merupakan makanan yang tidak baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet. Pemasakan ayam goreng yang digoreng dengan minyak suhu tinggi dapat membuat ayam goreng memiliki kandungan lemak yang tinggi. Bila ingin tetap memakan daging ayam, ayam panggang dapat dijadikan pilihan. Tentunya tetap untuk menghindari mengonsumsi bagian kulit, karena mengandung lemak.

2. Permen
Permen adalah pilihan yang buruk bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Permen memiliki kandungan gula dan bahan pengawet pangan seperti pengawet atau pewarna. Ketika tubuh mendapatkan banyak asupan gula, tubuh memproduksi insulin untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Tingkat glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan cadangan. Glukosa yang tak terpakai akan ditimbun sebagai lemak di bawah lapisan kulit dan daging.

3. Sereal
Sereal merupakan makanan yang banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan oleh warga kota. Sebenarnya sereal bukanlah menu sarapan yang tepat karena mengandung gula yang tinggi tetapi mengandung gizi yang rendah. Karena kandungan gula yang tinggi, sereal dapat memicu penimbunan lemak di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, sereal tidak membuat rasa kenyang bertahan lama karena tidak terdapat kandungan serat yang berarti. Bila tetap ingin menyantap sereal, cobalah untuk memilih yang terbuat dari gandum yang utuh. Selain itu, oatmeal dan buah dapat dimakan sebagai tambahan sarapan.

4. Roti putih
Roti putih merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang rendah sehingga tidak dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Setelah memakan roti, yang terjadi adalah kadar gula melonjak dengan cepat dan rasa lapar bisa datang dengan cepat. Selain kandungan nutrisi yang sedikit, roti putih seringkali dikombinasikan dengan bahan yang mengandung gula sehingga dapat meningkatkan berat badan. Bagi yang ingin makan roti tapi tidak ingin gemuk, pilih roti yang terbuat dari gandum utuh. Bagi yang sulit untuk menghindari roti putih, cobalah untuk menguranginya.

5. Keripik kentang
Meski termasuk makanan ringan, keripik kentang memiliki kalori yang tinggi. Proses pemasakan dengan menggunakan minyak bersuhu tinggi dapat membuat makanan ini adalah makanan yang tidak bisa dimasukkan pada menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Itulah 5 makanan penyebab kegemukan yang harus dihindari bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga agar berat badan tetap ideal.

{ 4 komentar... read them below or add one }

KiranaKyuHyun Elf mengatakan...

ehmm .. saya suka semua makanan itu , saya malah kpingin gemuk . Gak Aku Copas di blog kok !

Novian21 mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung kesini...

Yanti mengatakan...

Katnya sereal tidak bagus dimakan(dijadikn sebgai sarapan)tetapi knpa sbagian orang banyak menyarankn tuk mejadikn sereal sebgai menu utama saat sarapan?

roil pely mengatakan...

luput

Poskan Komentar