Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab orang gagal menurunkan berat badan

Gagal menurunkan berat badan dapat dialami oleh orang yang menjalani program diet. Kegagalan tersebut bisa terjadi akibat adanya kesalahan dalam metode menjalankan diet. Hal yang perlu diketahui dari diet adalah diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk menurunkan kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh. Diet bukan berarti mengurangi makan, tetapi mengatur pola makan dan memilih makanan tertentu yang mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Menurut Madeline Vann, MPH (reviewed by Christine Wilmsen Craig, MD) dalam everydayhealth.com, ada 10 kesalahan yang menyebabkan orang gagal menurunkan berat badan.

1. Makan terlalu cepat
Makan terlalu cepat dapat membuat perut masih terasa lapar setelah makanan sudah habis. Hal ini karena sinyal kenyang belum diterima oleh otak, padahal makanan telah habis sehingga makanan yang dimakan bisa lebih banyak.

2. Menghindari makanan favorit
Menghindari makanan favorit malah dapat membuat seseorang tidak tahan menahan godaan untuk memakan makanan tersebut. Bila ingin memakan makanan favorit, perlu adanya perhitungan kalori, tentu saja dengan porsi yang tepat. Baca juga : makanan penyebab kegemukan

3. Tidak memperhatikan label makanan
Mengetahui porsi yang terdapat pada label makanan adalah hal yang penting. Hal ini dapat berguna untuk mengetahui jumlah porsi makanan yang terdapat pada satu kemasan label makanan.

4. Makan berlebihan saat di restoran
Makanan yang dihidangkan di restoran atau di tempat makan lainnya dapat membuat orang kesulitan menghitung kalori. Hal ini bukan berarti tidak boleh makan di luar. Ada cara khusus yang bisa dilakukan, yaitu dengan membawa setengah porsi dari makanan yang dipesan ke rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari asupan kalori yang berlebihan.

5. Terlalu menyesali kesalahan
Jangan memikirkan kesalahan secara berlarut-larut. Misalnya ketika hang out dengan teman-teman tidak bisa menahan untuk memakan sesuatu.

6. Hanya berfokus pada target penurunan berat badan
Memasang target angka tertentu dalam menurunkan berat badan dapat merusak diet. Jangan sering menimbang berat badan. Membuat target baru dalam jangka waktu pendek adalah lebih baik, misalnya lebih banyak minum air putih dan mengonsumsi sayuran.

7. Kurang melakukan olahraga
Olahraga merupakah kegiatan yang sangat membantu dalam program penurunan berat badan. Tidak perlu memilih olahraga yang berat, berolahraga selama 30 menit sudah cukup.

8. Berpikir bahwa diet adalah diet
Banyak orang yang mampu melakukan diet hanya beberapa bulan saja, karena merasa tidak sanggup kemudian berhenti.

9. Emotional eating
Kebiasaan melampiaskan perasaan bosan, stres maupun kesal dengan makan adalah kebiasaan yang tidak baik dalam program penurunan berat badan. Untuk menghindari hal ini bisa dengan cara mengalihkan pikiran atau melakukan suatu hal ketika perasaan emosional itu timbul.

10. Membiarkan melakukan kesalahan setelah melakukan satu kesalahan
Hal ini merupakan kesalahan yang dapat menggagalkan seseorang dalam menurunkan berat badan.

Itulah penyebab orang gagal menurunkan berat badan.

Post a Comment for "Penyebab orang gagal menurunkan berat badan"