Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kaki Agar Sehat

Cara merawat kaki agar sehat - Kaki merupakan organ tubuh yang penting. Karena sering digunakan untuk berjalan, bagian telapak kaki bisa pecah atau kering. Agar masalah-masalah tersebut dapat dihindari, perlu adanya perawatan kaki. Perawatan kaki bisa dilakukan di rumah dan caranya juga sederhana.

Berikut ini adalah cara merawat kaki agar sehat :

1. Menyikat
Merawat kaki bisa dengan cara menyikat kaki dengan memakai sikat khusus. Hal ini dapat bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati.

2. Menggunakan krim
Melakukan perawatan kaki bisa dengan menggunakan krim. Penggunaan pelembab bisa dilakukan untuk menghindari kaki kering. Jika kaki mengalami masalah khusus, seperti jamur atau kapalan, gunakan krim khusus untuk mengatasinya. Saat menggunakan pelembab, pijat kaki secara perlahan agar pelembab bisa bekerja secara maksimal.

3. Mengeringkan kaki
Mengeringkan kaki bisa mencegah timbulnya jamur pada kaki yang dapat menyebabkan gatal. Jika kaki dalam keadaan lembab, maka jamur bisa lebih mudah tumbuh pada kaki dan kaki bisa merasa gatal-gatal.

4. Scrubbing
Scrubbing pada kaki bisa dengan memakai buah lemon, batu apung atau alat penggosok yang mirip batu apung. Hal ini dapat mencegah kaki dari kapalan.

5. Memilih sepatu yang nyaman dipakai
Pemilihan sepatu merupakan bagian dari perawatan kaki. Sepatu yang baik untuk kaki harus mendukung bagian lekukan-lekukan pada kaki dan memiliki ruang yang cukup untuk jari-jari kaki. Sepatu hak tinggi yang ketat dan bahkan ujungnya tinggi bisa menimbulkan masalah pada kaki.

6. Rajin berolahraga dengan kaki
Perawatan kaki agar lebih sehat salah satunya adalah dengan rajin berolahraga terutama yang melibatkan kaki. Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh.

7. Memotong kuku
Kuku merupakan bagian dari kaki. Jadi, kaki juga perlu dilakukan perawatan yaitu dengan cara memotongnya agar rapi. Kuku kaki juga sering kali terdapat kotoran sehingga membersihkannya merupakan hal yang baik. Potong kuku kaki dan gunakan kikir untuk menghaluskan bagian kuku yang telah dipotong.

8. Merendam kaki
Merendam kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki pada air hangat yang telah ditambahkan cairan antiseptik atau bisa juga dengan menggunakan garam.

Itulah cara merawat kaki agar sehat. Semoga bermanfaat...

2 comments for "Cara Merawat Kaki Agar Sehat"

  1. terima kasih atas tipsnya merawat kaki..

    ReplyDelete
  2. wah masih banyak yang belum aku lakukan, terutama pakai krim. soalnya kaki aku kadang suka kering. yang paling rutin aku lakukan palingan potong kuku dan sikat kaki.

    ReplyDelete