Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Pecah-pecah


Cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah - Kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa membuat telapak kaki menjadi kering dan rentan terhadap kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui celah-celah pada kulit telapak kaki yang pecah-pecah.

Kulit telapak kaki lebih tebal dari kulit pada bagian tubuh yang lain. Hal ini karena telapak kaki mempunyai tugas yang berat. Kulit telapak kaki merupakan kulit yang pertama mengalami hentakan ketika berjalan. Tekanan dan hentakan pada tumit dapat membuat kulit telapak kaki rentan pecah.

Selain itu, kulit telapak kaki yang pecah-pecah juga disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa gangguan hormon dan usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi tubuh seseorang mengalami penurunan, termasuk kaki. Faktor eksternal dapat berupa penggunaan sabun atau deterjen dan perubahan cuaca yang drastis. Kandungan soda yang terdapat dalam deterjen dapat menyebabkan kulit telapak kaki kehilangan kelembaban dalam jumlah yang besar sehingga dapat membuat kulit telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Lalu bagaimana mengatasi kulit telapak kaki yang pecah? Berikut ini adalah cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah :

1. Rendam kaki ke dalam air hangat minimal 5 menit untuk membuat kulit menjadi lunak secara menyeluruh. Tambahkan susu atau baby oil ke dalam wadah yang berisi air hangat yang digunakan untuk merendam kaki. Hal ini untuk membantu melembutkannya.

2. Gunakan exfoliator untuk menggosok kaki. Bahan tersebut bisa dibuat dengan campuran antara madu, gula merah yang ditumbuk dan minyak zaitun.

3. Cuci kaki hingga bersih sambil digosok dengan menggunakan batu apung untuk menghaluskan kulit yang kasar dan mengatasi kapalan. Jangan terlalu keras ketika menggosok agar tidak timbul luka.

4. Teteskan air perasan lemon lemon jika menemukan bagian kulit yang keras.

5. Setelah kering, oleskan foot cream kemudian pakai kaus kaki. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu.

Itulah cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah. Namun, jika kulit telapak kaki tidak keras, maka kaki bisa merasakan sakit ketika berjalan di tempat yang tidak rata dan tidak memakai alas kaki. Kulit telapak kaki yang lunak bisa disebabkan oleh karena sering memakai kaus kaki.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Ceramic Coating mengatakan...

setelah melkukan perawatan tsbut, pecah2 di tumit bisa sembuh dgn cepat gak?

Poskan Komentar