Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Makanan Sehat untuk Diet

4 makanan sehat untuk diet - Banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Ada cara diet yang berbahaya dan ada pula cara diet yang menyehatkan. Salah satu cara diet yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Namun, olahraga saja tidak cukup bila tidak diimbangi makanan-makanan yang mendukung penurunan berat badan.

Berikut ini adalah 4 makanan sehat untuk diet. Jenis-jenis makanan ini adalah beberapa contoh saja karena nyatanya masih ada makanan-makanan lainnya yang sehat untuk diet.

1. Popcorn
Popcorn atau berondong jagung yang tidak mengandung pemanis atau garam bisa dijadikan sebagai makanan camilan ketika diet. Popcorn dibuat dari jagung, yang termasuk golongan biji-bijian utuh seperti halnya beras merah, gandum utuh yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang memerlukan waktu pencernaan yang lama sehingga dapat membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Popcorn bisa dijadikan sebagai makanan sehat saat menjalani diet bila tidak ditambahkan dengan gula, garam atau mentega.

2. Buah pir
Buah pir merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air. Buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi kandungan seratnya tinggi. Di samping itu, buah ini memiliki kandungan flavonoid dan catechin, yang merupakan antioksidan yang dapat menghancurkan lemak hewani. Buah pir dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet sehat. Untuk mengonsumsi buah pir bisa dimakan langsung ataupun dijus.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Walaupun dianggap sebagai penyebab kegemukan, sebenarnya lemak merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, perlu adanya kecermatan dalam memilih jenis lemak dan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Biasanya lemak yang sehat bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada kedua jenis bahan makanan tersebut dapat mencegah obesitas, penambahan berat badan yang berlebih dan penumpukan lemak jahat.

5. Kentang dingin
Kentang dingin memiliki kandungan GI (Glycemic Index) lebih rendah bila dibandingkan dengan kentang panas. GI merupakan ukuran dari dampak karbohidrat pada tingkat gula darah. Rendahnya GI dalam makanan dapat membuat makanan lebih lama diproses oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah bisa dipertahankan dalam batas yang normal. Sebaliknya, tingginya GI dalam makanan dapat membuat gula dalam darah meningkat secara tajam dan juga menurun secara tajam. Intinya, makanan yang memiliki GI rendah dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah makan secara berlebihan.

Itulah 4 makanan sehat untuk diet. Selain keempat makanan tersebut, masih ada bahan makanan lainnya yang sehat bagi orang yang sedang menjalani diet. Baca juga: cara mengecilkan perut agar tubuh ideal

1 comment for "4 Makanan Sehat untuk Diet"

  1. Sebenernya banyak makanan sehat yg bagus untuk program diet kita :) yg paling penting kita tau takaran yg pas aja untuk tubuh kita :) Beberapa makanan diatas diantaranya :) Jd untuk berdiet gak menyiksa kan.
    Diet itu bukan TIDAK MAKAN tp MENGATUR ASUPAN MAKAN :)
    Ak ada beberapa artikel untuk bisa mengatur asupan makanan yg tepat,bisa buka www.healthyslim.weebly.com.
    Thanks

    ReplyDelete