Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Diet Sehat Harian Agar Berat Badan Ideal

Kegemukan merupakan kondisi berat badan yang tidak ideal di mana jumlah berat badan di atas berat badan ideal. Salah satu cara agar mencapai berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Menu diet sehat harian perlu ditentukan agar diet yang dijalani bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berat badan yang tidak ideal bukan hanya berarti kondisi badan yang kegemukan, tetapi kondisi badan yang terlalu kurus juga termasuk berat badan yang tidak ideal. Bila berat badan tidak ideal merupakan kegemukan, maka berat badan ideal dapat dicapai dengan cara diet dan gaya hidup sehat. Bila berat badan yang tidak ideal adalah kondisi tubuh yang terlalu kurus, maka berat badan ideal dapat dicapai dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, karena tubuh yang kurus dapat disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi. Namun, tubuh yang kurus bukan hanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi saja, tetapi ada hal lain yang dapat menyebabkan tubuh menjadi kurus, seperti penyakit.

Menu diet sehat harian harus dipilih dengan tepat. Jangan sampai tubuh menjadi lemas dan dapat mengganggu pekerjaan sebagai akibat dari tidak tepatnya memilih diet sehat.

Berikut kriteria menu diet sehat harian agar berat badan ideal :

1. Makanan yang  menghasilkan banyak energi
Ungkapan belum makan kalau belum makan nasi tidak tepat bagi orang yang sedang menjalani diet. Ada banyak makanan pengganti nasi yang dapat menghasilkan energi. Salah satunya adalah ubi jalar. Ubi jalar memiliki kadar kolesterol yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga mempunyai kandungan beta-karoten yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

2. Makanan yang banyak mengandung vitamin
Makanan yang mengandung vitamin perlu dimasukkan ke dalam menu diet. Salah satu buah yang mengandung tidak hanya satu jenis vitamin adalah buah apel. Apel memiliki kandungan vitamin A, B, dan vitamin C.

3. Makanan yang mengandung protein
Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein pada saat diet, kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein dapat dijadikan pilihan.

Itulah kriteria menu diet sehat harian agar berat badan ideal bila kondisi badan yang tidak ideal tersebut adalah kegemukan. Bukan hanya karena makanan saja yang dapat menyebabkan berat badan tidak ideal, tetapi juga gaya hidup. Baca juga: cara mengecilkan perut agar tubuh ideal

13 comments for "Menu Diet Sehat Harian Agar Berat Badan Ideal"

  1. Sebelum menurunkan berat badan, hitung berat badan yuk, sudah idealkah berat badan kamu?GEMUK atau KURUS? Cek disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. TB 164'5cm BB 57kg brp berat badab idealnya

      Delete
  2. Biar tambah mantap bisa coba cara saya nih gan...http://regensi2.blogspot.com/2012/12/turun-berat-badan-paling-cepat.html

    ReplyDelete
  3. Untuk mau turun berat badan yg sehat itu gak susah kok :) tips diatas udh menjelaskan semuanya :) yg paling penting untuk mendapatkan berat badan ideal itu adalah pola makan kita yg harus sangat dijaga :) Berdiet itu bukan tidak makan,tp mengatur makanan yg masuk ke dalam tubuh sesuai dengan porsinya :)
    Klo boleh ak jg ada beberapa tips untuk gmn cara mengatur pola makan, bisa buka www.healthyslim.weebly.com
    Thanks :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  5. Info yang bermanfaat..
    Semangat Diet...
    Tips-tips diet juga bisa dapatkan infonya disini ya..
    www.CaraDietLangsing.com

    ReplyDelete
  6. dengan diet sehat, tubuhpun akan mencapai berat badan ideal..

    ReplyDelete
  7. mantap lanjutkan gan :)diet tapi tetep sehat ajib deh pokoknya semoga tambah raeme gan amiiiin

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sharenya Gan,, pengen diet ni, tapi rasanya susah banget, gak trun2 berat badan :(

    ReplyDelete
  9. nyimak aja gan, tapi bagus juga buat diterapin nih :D thanks infonya

    ReplyDelete
  10. artikel yang bagus, pilihlah makanan yang mengandung lebih banyak energi dan bertahan lama, seperti ubi rambat, labu(squash, legumes, dan sayuran.

    serta tingkatkan makanan jenis lemak baik(sebagai energi tambahan), seperti olive oil dan alpukat.

    dengan hanya itu, sambil duduk lihatlah lemak anda berkurang....

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak mas gan infonya, artikelnya bagus dan selain itu juga bermanfaat buat pembaca seperti saya :D

    ReplyDelete
  12. setuju dengan postingan agan.. diet yang sehat dan bugar intinya adalah pola makan dan hidup yang sehat ajahh..

    ReplyDelete