Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan - Jalan kaki merupakan kegiatan yang sederhana, namun manfaatnya besar bagi kesehatan. Berjalan kaki secara rutin merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan.

Jalan kaki bisa mencegah penyakit-penyakit berbahaya. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan :

1. Menjaga berat badan agar stabil
Jalan kaki bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jalan kaki bisa berguna untuk membakar kalori. Jalan kaki juga bisa membakar kalori yang berlebihan. Hal ini karena adanya peningkatan metabolisme tubuh. Dengan adanya pembakaran kalori, maka kenaikan berat badan bisa dicegah.

2. Menurunkan berat badan
Selain menjaga agar berat badan tetap stabil, jalan kaki juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Melakukan jalan kaki secara rutin dapat membantu membakar lemak di bawah kulit.

3. Mencegah osteoporosis
Jalan kaki bisa bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Dengan menggerakan badan dan berjalan kaki secara cepat bukan hanya dapat memperkuat otot-otot saja, tetapi juga memperkuat tulang. Orang yang rajin melakukan gerak badan ketika muda dan mencukupi kebutuhan kalsium, dapat terhindar dari osteoporosis hingga usia 70 tahun.

4. Mencegah serangan jantung
Jalan kaki dapat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung. Jantung membutuhkan aliran darah agar bugar dan agar kegiatan memompa darah tetap berjalan normal. Oleh karena itu, otot jantung memerlukan aliran darah yang lancar. Berjalan kaki bisa memperlancar dan mempercepat aliran darah ke jantung. Dengan demikian, otot jantung mendapatkan oksigen yang cukup dan kesehatan jantung tetap terjaga. Jadi, berjalan kaki dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

5. Mengatasi encok pada lutut
Berjalan kaki dapat berguna untuk mengatasi encok pada lutun. Untuk mengatasi encok pada lutut, jalan kaki perlu dilakukan secara berselang-seling, bukan setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada sendi untuk proses pemulihan.

6. Mengatasi depresi
Manfaat lainnya dari jalan kaki adalah dapat mengatasi depresi. Jalan kaki bisa dilakukan sebagai pengganti obat antidepresan.

7. Mencegah kanker usus
Kanker usus bisa dicegah dengan cara berjalan kaki. Jalan kaki dapat memperlancar gerakan pada usus sehingga buang air besar menjadi teratur. Kanker usus besar dapat disebabkan oleh tertahannya feses pada saluran pencernaan. Jadi, jalan kaki dapat mencegah kanker usus.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Sebenarnya masih ada lagi manfaat lainnya dari berjalan kaki.

13 comments for "Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan"

  1. iya nih bener banget, saya ingin rutinin ah setiap pagi muter2 komplek, soalnya sekrang udah jarang banget olahraga sama teman-teman, saya takut encok-encok kl jarang olahrga hehe

    ReplyDelete
  2. yup olahraga itu gak mesti harus mahal kok :) dengan jalan kaki setiap hari rutin aja manfaatnya buat tubuh banyak bgt. Gak perlu mengeluarkan biaya banyak,semua orng bisa melakukannya :) Tp juga yg harus diperhatikan pola makannya ya hihihi :p
    Klo boleh ak mau sharing beberapa tips ak untuk menjaga pola mkan :) bisa buka www.healthyslim.weebly.com.
    Thanks

    ReplyDelete
  3. Saya sudah liat2 blog ini dan oke banget tipsnya ! Simple but easy to be understood. Update terus ya min !

    ReplyDelete
  4. saya selalu berusaha untuk jalan pagi setiap sabtu dan minggu, takut kena penyakit soalnya kl jarang olahraga.

    ReplyDelete
  5. Bener" setiap pagi aku berangkat sekolah ga pernah naik kendaraan. Aku lebih memilih jalan kaki. Padahal jauh.. Tapi gapapa selain sehat, kan juga ngirit ongkos.. :D

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak gan infonya, di coba dulu :D

    ReplyDelete
  7. olahraga murah meriah ni mz bro.. dengan jalan kakipun kita bisa menjadi sehat dan dengan jalan kaki pula kita bisa menjaga kesehatan yang ada ditubuh kita ini. KEREN infonya Gan!!

    ReplyDelete
  8. waah manteeb informasinya..........
    memang Jalan kaki itu sangat baik sob buat kesehatan, tapi kalo pagi sih :D kalo siang bolong ya panas heheh.....

    ReplyDelete
  9. istilahnya ternyata jalankaki tidak hanya hemat BBM ramah lingkungan tetapi juga menyehatkan..heheh... ayo kita budayakan jalankaki untuk hidup lebih baik dan Sehat

    ReplyDelete
  10. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. maaf saya tambah ya.... bisa juga mengurangi tingkat polusi udara (dibandingkan dengan yang mengendarai kendaraan bermotor). jadi, udara bisa tambah segar dan menyehatkan....
    (Y), like artikelnya...

    ReplyDelete