5 Hal Penyebab Berat Badan Bertambah Gemuk


Badan yang gemuk dapat disebabkan oleh tumpukan lemak. Namun, penyebab berat badan bertambah gemuk bukan hanya lemak saja. Ada hal lain yang dapat menyebabkan badan bertambah gemuk. Bagi orang yang merasa tidak kelebihan lemak tapi berbadan gemuk, hal lain penyebab badan bertambah gemuk perlu diperhatikan.

5 hal penyebab berat badan bertambah gemuk :


1. Stres
Kondisi stres dapat meningkatkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh hormon kotrisol yang dapat menyebabkan nafsu makan meningkat.

2. Hipertiroid
Hipertiroid merupakan penyakit yang terjadi di daerah leher yang terdapat  kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid mengalami gangguan, tidak seimbangnya kelenjar tiroid yang dihasilkan dan hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid tidak cukup, maka dapat menyebabkan badan mudah lelah, lemas dan bertambahnya berat badan. Jika tubuh mengalami kekurangan tiroid, maka proses metabolisme menjadi lambat sehingga berat badan dapat bertambah.

3. Obat-obatan
Salah satu jenis obat yang dapat menambah berat badan adalah obat antidepresan, terlebih lagi bila obat ini diminum dalam jangka waktu yang panjang. Jenis obat lain yang perlu untuk diwaspadai yaitu obat gangguan mental, obat diabetes, obat migrain dan obat hipertensi. Obat-obatan dari dokter juga dapat meningkatkan berat badan. Hal ini karena obat-obatan dari dokter menyerap sebagian nutrisi dan energi dalam tubuh, sehingga beberapa jam setelah mengonsumsi obat tersebut perut menjadi merasa lapar dan timbul rasa haus.

4. Kurang tidur
Waktu tidur yang kurang atau tidur yang tidak teratur memiliki hubungan dalam bertambahnya berat badan. Hal ini karena begadang dapat menimbulkan rasa ingin makan sesuatu atau ngemil yang dapat menyebabkan asupan kalori menjadi tidak menentu. Pada saat begadang, ada organ tubuh yang akan memberikan respon pada hormon yang dapat menimbulkan nafsu makan. Namun, hormon yang menimbulkan nafsu makan tetap membuat perut tidak terasa kenyang. Bila makanan yang dimakan berlemak, maka hanya menambah timbunan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh dan dapat menyebabkan perut buncit.

5. Kebiasaan ngemil
Kebiasaan ngemil dapat menyebabkan berat badan naik. Cemilan memiliki kandungan banyak lemak jenuh, tidak mengandung gizi yang penting bagi tubuh dan mengandung kalori yang tinggi yang terdapat pada makanan ringan atau yang sejenisnya. Cemilan tidak hanya dapat menyebabkan kegemukan, tetapi juga dapat menyebabkan risiko terkena gangguan kesehatan lainnya. Misalnya, penyedap rasa yang terdapat pada snack dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Itulah 5 hal penyebab berat badan bertambah gemuk. Jadi, penyebab kegemukan bukan hanya karena makanan, kebiasaan dan kondisi tubuh juga berpengaruh terhadap meningkatnya berat badan.

{ 8 komentar... read them below or add one }

fake kris mengatakan...

Kok gabisa di copy ? padahal isinya bagus banget tapi sayang gabisa di copas

diet aman mengatakan...

Artikelnya bagus dan bermanfaat bagi saya. terimaksih

Haniya Alvianditia mengatakan...

kalau aku jarang tidur. Pantesan... Thank's!

Mama Mia mengatakan...

Sehat itu dimulai dari sarapan pagi. Kalo sarapannya tidak tepat, siang dan malam malah maunya ngemil melulu, ujung-ujungnya ...OBESITAS. Yuk susun menu sarapan sehat http://regensi2.blogspot.com/2012/12/sarapan-apa-anda-pagi-ini.html

Ahmad Nawawi mengatakan...

Kalo saya malah susah gemuk, meski penyebabnya ada pada saya semua :).. nice artikel.. salam kenal

desa sidodadi mengatakan...

padahal q udah jarang ngemil dan makan dengan teratur tapi kok masih gemuk ya........

Kunci Dasar (lirik lagu dan kunci gitar) mengatakan...

Tambah lagi kurang berolahraga gan serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg berlemak mungkin..

cara alami mengobati ambeien mengatakan...

terima kasih banyak untuk infornya sobatt!!

Poskan Komentar