Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan


Manfaat jalan kaki bagi kesehatan - Jalan kaki merupakan kegiatan yang sederhana, namun manfaatnya besar bagi kesehatan. Berjalan kaki secara rutin merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan.

Jalan kaki bisa mencegah penyakit-penyakit berbahaya. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan :

1. Menjaga berat badan agar stabil
Jalan kaki bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jalan kaki bisa berguna untuk membakar kalori. Jalan kaki juga bisa membakar kalori yang berlebihan. Hal ini karena adanya peningkatan metabolisme tubuh. Dengan adanya pembakaran kalori, maka kenaikan berat badan bisa dicegah.

2. Menurunkan berat badan
Selain menjaga agar berat badan tetap stabil, jalan kaki juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Melakukan jalan kaki secara rutin dapat membantu membakar lemak di bawah kulit.

3. Mencegah osteoporosis
Jalan kaki bisa bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Dengan menggerakan badan dan berjalan kaki secara cepat bukan hanya dapat memperkuat otot-otot saja, tetapi juga memperkuat tulang. Orang yang rajin melakukan gerak badan ketika muda dan mencukupi kebutuhan kalsium, dapat terhindar dari osteoporosis hingga usia 70 tahun.

4. Mencegah serangan jantung
Jalan kaki dapat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung. Jantung membutuhkan aliran darah agar bugar dan agar kegiatan memompa darah tetap berjalan normal. Oleh karena itu, otot jantung memerlukan aliran darah yang lancar. Berjalan kaki bisa memperlancar dan mempercepat aliran darah ke jantung. Dengan demikian, otot jantung mendapatkan oksigen yang cukup dan kesehatan jantung tetap terjaga. Jadi, berjalan kaki dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

5. Mengatasi encok pada lutut
Berjalan kaki dapat berguna untuk mengatasi encok pada lutun. Untuk mengatasi encok pada lutut, jalan kaki perlu dilakukan secara berselang-seling, bukan setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada sendi untuk proses pemulihan.

6. Mengatasi depresi
Manfaat lainnya dari jalan kaki adalah dapat mengatasi depresi. Jalan kaki bisa dilakukan sebagai pengganti obat antidepresan.

7. Mencegah kanker usus
Kanker usus bisa dicegah dengan cara berjalan kaki. Jalan kaki dapat memperlancar gerakan pada usus sehingga buang air besar menjadi teratur. Kanker usus besar dapat disebabkan oleh tertahannya feses pada saluran pencernaan. Jadi, jalan kaki dapat mencegah kanker usus.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Sebenarnya masih ada lagi manfaat lainnya dari berjalan kaki.
Baca SelengkapnyaManfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

Cara Merawat Kaki Agar Sehat


Cara merawat kaki agar sehat - Kaki merupakan organ tubuh yang penting. Karena sering digunakan untuk berjalan, bagian telapak kaki bisa pecah atau kering. Agar masalah-masalah tersebut dapat dihindari, perlu adanya perawatan kaki. Perawatan kaki bisa dilakukan di rumah dan caranya juga sederhana.

Berikut ini adalah cara merawat kaki agar sehat :

1. Menyikat
Merawat kaki bisa dengan cara menyikat kaki dengan memakai sikat khusus. Hal ini dapat bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati.

2. Menggunakan krim
Melakukan perawatan kaki bisa dengan menggunakan krim. Penggunaan pelembab bisa dilakukan untuk menghindari kaki kering. Jika kaki mengalami masalah khusus, seperti jamur atau kapalan, gunakan krim khusus untuk mengatasinya. Saat menggunakan pelembab, pijat kaki secara perlahan agar pelembab bisa bekerja secara maksimal.

3. Mengeringkan kaki
Mengeringkan kaki bisa mencegah timbulnya jamur pada kaki yang dapat menyebabkan gatal. Jika kaki dalam keadaan lembab, maka jamur bisa lebih mudah tumbuh pada kaki dan kaki bisa merasa gatal-gatal.

4. Scrubbing
Scrubbing pada kaki bisa dengan memakai buah lemon, batu apung atau alat penggosok yang mirip batu apung. Hal ini dapat mencegah kaki dari kapalan.

5. Memilih sepatu yang nyaman dipakai
Pemilihan sepatu merupakan bagian dari perawatan kaki. Sepatu yang baik untuk kaki harus mendukung bagian lekukan-lekukan pada kaki dan memiliki ruang yang cukup untuk jari-jari kaki. Sepatu hak tinggi yang ketat dan bahkan ujungnya tinggi bisa menimbulkan masalah pada kaki.

6. Rajin berolahraga dengan kaki
Perawatan kaki agar lebih sehat salah satunya adalah dengan rajin berolahraga terutama yang melibatkan kaki. Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh.

7. Memotong kuku
Kuku merupakan bagian dari kaki. Jadi, kaki juga perlu dilakukan perawatan yaitu dengan cara memotongnya agar rapi. Kuku kaki juga sering kali terdapat kotoran sehingga membersihkannya merupakan hal yang baik. Potong kuku kaki dan gunakan kikir untuk menghaluskan bagian kuku yang telah dipotong.

8. Merendam kaki
Merendam kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki pada air hangat yang telah ditambahkan cairan antiseptik atau bisa juga dengan menggunakan garam.

Itulah cara merawat kaki agar sehat. Semoga bermanfaat...

Baca SelengkapnyaCara Merawat Kaki Agar Sehat

Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Pecah-pecah


Cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah - Kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa membuat telapak kaki menjadi kering dan rentan terhadap kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui celah-celah pada kulit telapak kaki yang pecah-pecah.

Kulit telapak kaki lebih tebal dari kulit pada bagian tubuh yang lain. Hal ini karena telapak kaki mempunyai tugas yang berat. Kulit telapak kaki merupakan kulit yang pertama mengalami hentakan ketika berjalan. Tekanan dan hentakan pada tumit dapat membuat kulit telapak kaki rentan pecah.

Selain itu, kulit telapak kaki yang pecah-pecah juga disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa gangguan hormon dan usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi tubuh seseorang mengalami penurunan, termasuk kaki. Faktor eksternal dapat berupa penggunaan sabun atau deterjen dan perubahan cuaca yang drastis. Kandungan soda yang terdapat dalam deterjen dapat menyebabkan kulit telapak kaki kehilangan kelembaban dalam jumlah yang besar sehingga dapat membuat kulit telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Lalu bagaimana mengatasi kulit telapak kaki yang pecah? Berikut ini adalah cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah :

1. Rendam kaki ke dalam air hangat minimal 5 menit untuk membuat kulit menjadi lunak secara menyeluruh. Tambahkan susu atau baby oil ke dalam wadah yang berisi air hangat yang digunakan untuk merendam kaki. Hal ini untuk membantu melembutkannya.

2. Gunakan exfoliator untuk menggosok kaki. Bahan tersebut bisa dibuat dengan campuran antara madu, gula merah yang ditumbuk dan minyak zaitun.

3. Cuci kaki hingga bersih sambil digosok dengan menggunakan batu apung untuk menghaluskan kulit yang kasar dan mengatasi kapalan. Jangan terlalu keras ketika menggosok agar tidak timbul luka.

4. Teteskan air perasan lemon lemon jika menemukan bagian kulit yang keras.

5. Setelah kering, oleskan foot cream kemudian pakai kaus kaki. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu.

Itulah cara mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah. Namun, jika kulit telapak kaki tidak keras, maka kaki bisa merasakan sakit ketika berjalan di tempat yang tidak rata dan tidak memakai alas kaki. Kulit telapak kaki yang lunak bisa disebabkan oleh karena sering memakai kaus kaki.
Baca SelengkapnyaCara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Pecah-pecah

Cara Merawat Kaki Tanpa Harus Pergi ke Spa


Cara merawat kaki tanpa harus pergi ke spa - Merawat kaki tidak selalu harus mengunjungi spa dan memerlukan biaya yang mahal. Merawat kaki bisa dilakukan di rumah. Hal ini dapat berguna untuk menghemat uang dan bisa mengalokasikannya dalam bentuk yang lainnya.

Berikut ini adalah cara merawat kaki tanpa harus pergi ke spa :

1. Merendam kaki
Merendam kaki berguna untuk menjaga kesehatan kaki. Merendam kaki bisa dimanfaatkan agar kaki menjadi rileks. Untuk melakukannya, siapkan baskom yang berisi air hangat lalu tambahkan garam. Setelah itu rendam kaki pada air hangat yang telah ditambahkan garam tersebut. Pemberian garam berguna untuk mempermudah pembersihan kotoran yang terdapat pada kaki. Jadi, merendam kaki merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan kaki.

2. Menyikat kaki
Cara merawat kaki berikutnya adalah dengan cara menyikat kaki. Menyikat kaki bisa dengan menggunakan batu apung atau bisa juga dengan menggunakan sikat berbulu halus jika batu apung tidak ada. Gosok batu apung atau sikat berbulu halus ke kaki secara perlahan lalu rendam kaki ke dalam air hangat. Tambahkan sedikit soda pada air hangat dan dilanjutkan dengan memijat kaki beberapa menit. Menyikat kaki berguna untuk menghilangkan kulit mati yang melekat pada kaki.

3. Melembabkan kaki
Kaki tidak mempunyai pelembab alami. Untuk menjaga kelembaban kaki bisa dengan menggunakan minyak almond, minyak zaitun atau body lotion. Oleskan secara merata pada permukaan kulit kaki. Biarkan dalam waktu beberapa saat sebelum memakai sepatu atau sebelum berjalan.

4. Memotong kuku kaki
Kuku kaki yang mengandung kotoran mudah terkena infeksi. Oleh karena itu, memotong kuku kaki merupakan hal yang penting dalam perawatan kaki.

5. Membersihkan kaki dengan menggunakan lemon
Lemon dapat digunakan untuk merawat kulit kaki. Caranya, gosokkan irisan lemon pada kulit kaki, termasuk kuku kaki. Setelah itu, cuci kaki dengan menggunakan air bersih dan hindari penggunaan sabun untuk menghindari kulit kusam dan kering.

Itulah cara merawat kaki tanpa harus pergi ke spa. Jadi, perawatan kaki dapat dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan uang untuk pergi ke spa.
Baca SelengkapnyaCara Merawat Kaki Tanpa Harus Pergi ke Spa